oleh

Festival Sungai Siak Digelar Pada Pekan Ini, Yuk Cek Rangkaian Acaranya

SALISMA.COM, PEKANBARU – Festival Sungai Siak bakal dihelat pada akhir pekan ini. Event ini akan menyajikan keeksotisan sungai yang terdalam di Indonesia itu.

Dahulu, kedalaman Sungai Siak mencapai 30 meter, sehingga Sungai Siak disebut sebagai sungai terdalam di Indonesia. Dengan kedalaman tersebut, Sungai Siak bisa dilewati kapal-kapal tanker dan peti emas.

Saat ini, kedalaman Sungai Siak tidak mencapai 30 meter, karena adanya pengendapan. Pada hiliran sungai ini banyak terdapat pabrik di tengahnya, seperti pabrik kelapa sawit, pabrik pengolahan kayu, dan juga pabrik kertas.

Untuk melestarikan keberadaan Sungai Siak, Pemerintah Kabupaten Siak, melalui Dinas Pariwisata telah mempersiapkan event Festival Siak. Agenda wisata ini digelar mulai tanggal 20-23 Juni 2024.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan, konsep dan tujuan Festival Sungai Siak adalah untuk mengembalikan rasa memiliki sungai Siak. Festival ini bercerita tentang bagaimana pentingnya sungai bagi kehidupan masyarakat Siak.

“Wisatawan akan diajak untuk menikmati dan memahami sungai melalui edukasi, eksibisi, kuliner, tari, musik, tampilan visual, dan mengenang Sungai Siak masa lalu dan saat ini, serta bagaimana pentingnya sungai ini tetap ada untuk generasi selanjutnya,” kata Roni Rakhmat, Kamis (20/6) pagi.

Diungkapkan Roni, Festival Sungai Siak akan dibuka oleh Bupati Siak, Alfedri, pada Kamis (20/6) malam. Berbagai pertunjukan seni bakal memeriahkan acara ini.

“Dispar Provinsi Riau bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sangat mendukung dan mengaprsiasi Festival Sungai Siak.

Lebih lanjut dikatakan dia, dukungan itu, sesuai arahan Pj Gubernur Riau yang berkomitmen pada pengembangan sektor pariwisata berkelanjutan. Berbagai event pariwisata dan pelatihan bagi insan pariwisata telah dilakukan oleh Dispar Riau.

“Pj Gubernur Riau ingin sektor pariwisata Riau bisa dikenal di mancanegara, mampu berdampak positif bagi perekonomian masyarakat dan berkelanjutan,” ucap Roni Rakhmat.

Berikut rangkaian acara Festival Sungai Siak 20-23 Juni 2024:

Penampilan Seni

Beragam pertunjukan seni bakal ditampilkan pada acara ini, dengan menampilkan atraksi tari dan musik dari 12 kabupaten dan kota di Provinsi Riau.

Lomba Sampan Hias

Lomba sampan hias adalah sebuah perlombaan sampan tradisional yang dihiasi dengan berbagai ornamen dan dekorasi. Ornamen yang digunakan bisa berupa lukisan, ukiran, atau anyaman yang menambah keindahan dan keunikan dari sampan tersebut. Sampan hias sering kali menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan seni dan budaya tradisional di Siak.

Lomba Masak

Kompetisi ini diadakan untuk menilai kemampuan peserta dalam memasak makanan. Peserta akan bersaing untuk menunjukkan kreativitas, keahlian, dan kecepatan dalam memasak berbagai jenis hidangan dari olahan hasil sungai. Lomba memasak diikuti oleh anggota PKK antar Kecamatan se Kabupaten Siak

Lomba Mewarnai

Sebuah kompetisi di mana anak-anak dapat menunjukkan kreativitas dan bakat mereka dalam mewarnai gambar. Peserta lomba akan diberikan sebuah gambar yang harus mereka warnai sesuai dengan imajinasi dan kreativitas mereka. Setelah selesai mewarnai, para peserta akan dinilai oleh para juri berdasarkan kriteria tertentu, seperti kebersihan, kecerahan warna, dan keterampilan dalam mewarnai.

Lomba Mancing

Kompetisi ini diadakan untuk menentukan siapa yang bisa menangkap ikan terbesar, berlokasi di sepanjang tepian bandar Sungai Jantan.

Susur Sungai

Tour atau trip di sungai Siak dengan menggunakan sampan wisata, di mana para peserta akan mendapatkan pengalaman menarik serta cerita tentang Sungai Siak oleh tour guide. Perserta yang akan ikut mesti mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Bazar

Bazar ini berkolaborasi dengan UMKM kuliner yang mengolah hasil potensi sungai yang bisa menjadi potensi oleh-oleh dan makanan khas Siak.

Seminar Sungai Siak

Tidak hanya menyampaikan kenangan, wisatawan akan diajak merasakan pengalaman menarik menyusuri sungai dan bersama-sama merawat serta merayakan Sungai Siak melalui Seminar. Di seminar ini, wisatawan bisa belajar bersama melalui diskusi, serta berbagi ilmu dan pengetahuan dengan perspektif yang terbuka dan inklusif.

Seminar Sungai Siak ‘Merajut, Merawat dan Merayakan’ akan menjadi bagian dari perubahan positif untuk lingkungan. Bersiaplah untuk pengalaman yang menginspirasi dan memberi dampak positif.

Eksibisi

Wisatawan diajak menjelajahi keindahan dan sejarah Sungai Siak di eksibisi yang penuh inspirasi. Di sini juga bisa menyaksikan karya seni, foto, dan cerita yang menggambarkan perjalanan dan kehidupan di sepanjang Sungai Siak. Beragam potensi mempresentasikan kekayaan flora dan fauna sungai siak yang bisa menjadi perputaran ekonomi berkelanjutan.

Lomba Foto

Kompetisi ini diadakan untuk memilih foto terbaik yang sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Peserta dapat mengirimkan foto-foto mereka dan para juri akan memilih pemenang berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.

Lomba foto ini juga sebagai sarana untuk mengapresiasi karya fotografi dan memberikan kesempatan bagi para fotografer baik dari dalam maupun luar Kabupaten Siak untuk menunjukkan kreativitas. (ADV)