oleh

Hasil EPSS 2024 Naik Signifikan, Pemko Dumai Peringkat II Tertinggi se-Provinsi Riau Dengan Nilai IPS 2,77 Predikat Baik

SALISMA.COM, DUMAI – Pemerintah Kota (Pemko) Dumai meraih pencapaian yang membanggakan pada Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) 2024 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Berdasarkan hasil penilaian EPSS, nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Pemko Dumai pada tahun ini 2,77 poin dengan predikat ‘Baik’. Jauh meningkat dibanding nilai IPS pada tahun 2023, hanya 1,50 dengan predikat ‘Kurang’.

Hasil penilaian ini disampaikan Kepala BPS Kota Dumai Morhan Tambunan kepada Pjs Wali Kota Dumai TR Fahsul Falah, S.Sos, M.Si dalam agenda Penyampaian Hasil EPPS Kota Dumai Tahun 2024 di Ruang Rapat Kantor Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Dumai, Jalan HR Soebrantas, Teluk Binjai, Rabu (16/10/2024).

Turut mendampingi Pjs Wali Kota Dumai pada momen tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai H Indra Gunawan, S.IP, M.Si dan Kepala Diskominfotiksan Dumai Drs. H Khairil Adli, M.Si.

Sebagai informasi, hasil penilaian EPSS tahun 2024 untuk Kota Dumai terlampir dalam Surat Keputusan Kepala BPS Nomor 605 Tahun 2024 tentang Hasil EPSS pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah Tahun 2024.

Angka ini sekaligus menjadikan Kota Dumai sebagai daerah peringkat ke-II tertinggi se-Provinsi Riau, berada di antara Pemerintah Kota Pekanbaru (peringkat I dengan poin 2,89) dan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (peringkat III dengan poin 2,76).

Atas capaian tersebut, Pjs Wali Kota Dumai TR Fahsul Falah mengapresiasi khidmat terbaik yang telah dilakukan seluruh pihak terkait wabil khusus BPS Kota Dumai dan Diskominfotiksan Dumai selaku wali data di Daerah dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Dumai.

“Kami sangat apresiasi. Peningkatan angka yang signifikan ini adalah bukti nyata dari kerja keras dan komitmen pemerintah daerah dalam memperbaiki kualitas data dan statistik sektoral serta meningkatkan pelayanan publik di bidang statistik,” ungkapnya.

Menurutnya, pencapaian ini tidak hanya menunjukkan kemampuan Pemko Dumai dalam mengelola data statistik dengan baik, tetapi juga menjadi tolak ukur keberhasilan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Pencapaian yang luar biasa ini jangan sampai bikin kita lengah, masih banyak yang harus kita evaluasi dan kita tingkatkan. Ini manjadi tugas berat agar yang kita raih saat ini dapat kita pertahankan dan kalau bisa ditingkatkan ditahun depan,” ujar TR Fahsul Falah.

Sementara itu, Kepala Diskominfotiksan Dumai H Khairil Adli mengatakan bahwa pencapaian ini tidak terlepas dari peran serta BPS dan DPPKB dan kolaborasi yang apik dengan segenap OPD dalam proses penilaian.

“Pencapaian ini pastinya memotivasi dan menambah semangat kami dalam memberikan asistensi kepada seluruh OPD untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya pengelola data dengan memberikan eduksi dan pemahaman dalam mengelola satu data mulai dari merencanakan, mengumpulkan, memverifikasi sampai akhirnya data itu bisa kita sajikan kepada publik,” tuturnya.

Ia juga mengajak kepada seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemko Dumai untuk tidak berpuas diri, karena dukungan dari semua pihak sangat diperlukan untuk menghasilkan data statistik sektoral yang berkualitas.

“Kita ke depan ingin lebih baik lagi, harapan saya semua OPD harus terus berkolaborasi guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral, sehingga data yang kita sajikan untuk publik maupun bagi pengambilan kebijakan akurat, relevan, dan akuntabel,” pungkas Adli. (ADV)