oleh

AFC Tolak Protes PSSI Terkait Kepemimpinan Wasit di Laga Indonesia vs Bahrain

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, mengungkapkan bahwa Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah menolak surat protes yang diajukan oleh PSSI terkait kepemimpinan wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf, dalam laga kontra Bahrain.

Laga yang digelar di Bahrain National Stadium pada 10 Oktober 2024 itu berakhir imbang 2-2 setelah Bahrain mencetak gol penyeimbang di menit-menit akhir perpanjangan waktu.

PSSI sebelumnya melayangkan protes terkait perpanjangan waktu yang melebihi batas yang ditetapkan. Meskipun wasit memberikan injury time selama enam menit, pertandingan berlangsung hingga menit ke-90+9, yang dimanfaatkan oleh Bahrain untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

“Barusan jam 12 siang ini, saya mendapat balasan surat protes yang kita kirimkan, dari AFC. AFC menyatakan protes tidak diterima, dan untuk lebih jelasnya kami diminta kirim surat ke FIFA,” kata Sumardji dalam wawancara dengan CNN TV Indonesia.

Sumardji mengaku bingung dengan tanggapan AFC, terutama karena sebelumnya FIFA juga meminta PSSI untuk mengirimkan protesnya ke AFC.

“Sebenarnya ke FIFA kami juga sudah kirim, jawabannya kami diminta mengirim surat ke AFC, ini agak aneh,” tambahnya.

Meskipun kecewa dengan keputusan tersebut, Sumardji menegaskan bahwa apa yang sudah terjadi di lapangan tidak akan berubah, baik itu hasil pertandingan maupun penilaian terhadap kinerja wasit.

Timnas Indonesia pun diminta untuk segera melupakan kejadian tersebut dan fokus pada pertandingan berikutnya melawan China pada 15 Oktober 2024.

“Dijawab (AFC) bahwa sudah diterima surat protes dan tidak akan mempengaruhi hasil laga. Untuk berkaitan selanjutnya silakan untuk melaporkan ke FIFA, intinya seperti itu balasan suratnya. Jawaban suratnya seperti itu jam 12 siang ini,” jelas Sumardji.

Dengan hasil imbang melawan Bahrain, Timnas Indonesia kini harus bersiap menghadapi China pada matchday keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026.***