oleh

PT Arara Abadi Lakukan Talkshow dan Penanaman Pohon pada Acara APP Goes to Kampus di Unillak

SALISMA.COM, PEKANBARU – PT Arara Abadi sebagai salah satu unit usaha dari APP Grup, pada hari Rabu, 09 Oktober 2024 melaksanakan kegiatan Talkshow dan Penanaman Pohon pada acara APP Goes to Campus pada momen Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) bertempat di Kampus Universiats Lancang Kuning (Unilak) Jalan Yos Sudarso Pekanbaru Provinsi Riau.

Ada sebanyak 2400 Mahasiswa/i baru Universitas Lancang Kuning (Unilak) Tahun Ajaran 2024 mengikuti kegiatan APP Goes To Campus yang mengambil tema Sustainability Dunia Usaha dalam Menjaga Lingkungan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Implementasi Desa Makmur Peduli Alam (DMPA), kegiatan ini sekaligus mempererat hubungan antara dunia industri dan perguruan tinggi, serta memberikan pemahaman lebih kepada mahasiswa tentang praktik keberlanjutan di industri pulp dan kertas serta kehutanan.

Kegiatan yang dihadiri Gubernur Riau, dan Rektor Universitas Lancang Kuning Prof.Dr.Junaidi,S.S, M.Hum, Ph.D Korem 031/Wira Bima, Polda Riau, Direktur PT Arara Abadi, Edi Haris, MZ, Dept Social & Community Development Head APP Group, Janudianto serta tamu undangan lainnya.

Pj.Gubernur Riau yang diwakili Kabid SMK Dinas Pendidikan Riau Dr. Arden Simeru disela-sela kegaitan kepada media menyampaikan, ”Kami atas nama pemerintah mengucapkan terimakasih kepada PT Arara Abadi yang telah berkonstribusi dan berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Riau dan Unilak untuk mmepersiapkan sumberdaya manusia, untuk mewujudkan Visi Riau untuk menuju Sumber Daya Manusia yang unggul dan mempunyai daya saing”.

“Sesuai regulasi penyiapan sumber daya manusia tidak hanya tanggung jawab pemerintah, tapi juga masyarakat dan dunia usaha industri dan semua pihak.” demikian Arden menyampaikan.

Rektor Universitas Lancang Kuning Prof.Dr.Junaidi,S.S, M.Hum, Ph.D dalam sambutannya kepada media menyampaikan terima kasih kepada PT Arara Abadi APP Group yang telah mensupport kegiatan ini (PKKMB).

”Terimakasih kepada PT Arara Abadi yang telah mendukung kegiatan ini, tadi ada kegiatan penanaman pohon bersama (PT Arara Abadi) yang merupakan simbolik program hijau di Univeritas Lancang Kuning”, ujar Rektor.

Rektor menyampaikan sebelumnya PT Arara Abadi juga telah membantu 9,5 Ha Hutan yang dimiliki Unilak, dan nanti dalam rangkaian kegiatan hari ini juga diperkenalkan Simulasi Pencegahan dan Pemadaman Karhutla oleh PT Arara Abadi kepada Mahasiswa Unilak, dan ini bentuk sosialisasi dari PT Arara Abadi kepada anak-anak muda Mahasiswa, kami juga memperkenalkan Green Campus dan Kampus beragam budaya serta kampus yang ramah.

Ditambahkan Rektor bahwa tahun ini 2024 Unilak ada menerima Mahasiswa PKKMB sebanyak 2400 Mahasiswa, dalam PKKMB ini kami mengenalkan kehidupan kampus, cara belajar dan bagimana mereka cepat lulus tepat waktu, dan

“Kita (Unilak) dengan PT Arara Abadi juga melakukan MOU (Memorendum of Understanding) untuk program magang mahasiswa yang dahulu hanya dengan fakultas kehutanan, saat ini diperluas menjadi sepuluh fakultas di Universitas lancing Kuning.”, demikian Prof.Junaidi kepada media menyampaikan.

Sementara itu Direktur PT Arara Abadi, Edi Haris, MZ menyampaikan, “Acara ini merupakan wujud nyata kolaborasi antara dunia industri dan akademik dalam membangun kesadaran keberlanjutan di kalangan mahasiswa. Kegiatan seperti ini sangat penting karena memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar langsung dari dunia industri tentang keberlanjutan dan pentingnya tanggung jawab lingkungan. Kami juga mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung terlaksananya acara positif ini,” ungkap Direktur PT Arara Abadi Edi Haris MZ. saat memberikan sambutan.

Dalam kunjungan ini, PT Arara Abadi menyelenggarakan berbagai kegiatan menarik, termasuk Talkshow yang membahas peran dunia usaha dalam menjaga lingkungan dan peningkatan ekonomi masyarakat melalui program Desa Makmur Peduli Alam (DMPA).

“Kami ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan seputar manfaat program DMPA yang berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus menjaga kelestarian lingkungan. Program ini memberikan dampak positif yang nyata, dan kami berharap mahasiswa dapat terinspirasi untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan keberlanjutan di masa mendatang,” ujar Edi Haris.

Selain talkshow, PT Arara Abadi juga mengadakan simulasi pemadaman kebakaran sebagai bagian dari edukasi terkait pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana, terutama di sektor kehutanan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengalaman praktis kepada mahasiswa mengenai cara menghadapi dan menanggulangi kebakaran hutan.

Momen ini juga dipergunakan oleh Rektor Universitas Lancang Kuning melakukan kegiatan Penanaman bibit pohon bersama Direktur Arara Abadi, Gubernur serta Mahsiswa Baru Unilak Generasi Z, sebagai bentuk komitmen bersama melestarikan lingkungan dan penghijauan di Kampus Unilak.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan wawasan baru kepada mahasiswa mengenai pentingnya menjaga lingkungan dan kontribusi dunia industri dalam menciptakan keberlanjutan. (rls)