oleh

Ketua DPRD Siak Indra Gunawan Ajak Paslon Bangun Komunikasi dan Jaga Kekompakan, Menangkan Hati Masyarakat dengan Cara Terhormat

SALISMA.COM, SIAK – Ketua DPRD Siak Indra Gunawan mengajak semua elemen menyukseskan Pilkada yang saat ini prosesnya sudah berjalan. Banyak aspek yang harus dilakukan dalam menyukseskan Pilkada serentak ini, salah satunya memastikan tidak terjadi konflik karena berbeda pilihan.

Pilihan boleh berbeda, tapi hubungan baik diharapkan tetap terjaga. Jangan sampai karena berbeda pilihan menjadi tidak baikan, tidak bertegur sapa. 

Indra melihat langsung saat ini pembicaraan politik, perihal pilihan di media sosial semakin ramai dan seru diikuti. “Tapi saya harapkan dapat lebih santun dalam bertutur kata, tidak mengeluarkan statemen kebencian karena akan berdampak buruk terhadap proses Pilkada,” kata Indra Gunawan lagi.

Berkompetisi dengan sehat, menjadi ukuran kesuksesan Pilkada di Siak. Bagaimana menciptakan iklim kompetisi yang sehat, dengan saling menjaga etika dan tata krama dalam berkomunikasi.

“Menghujat, menghina, merendahkan merupakan hal yang sangat tidak patut diutarakan dan dibahasakan dalam ruang mana pun, termasuk ruang publik,” sebut Indra Gunawan.

Hal itu tak hanya akan merusak nama individu, tapi juga nama kandidat yang akan bertarung. Ketika ada tim yang terkesan arogan, hal itu dilihat dari kata-katanya, tentu penilaian terhadap kandidat yang dibela akan menjadi negatif.

Ketika Polri dan TNI berkeliling, melakukan patroli dan sosialisasi Pilkada damai, semua elemen diharapkan menyambut dengan riang dan gembira. “Semangat menciptakan Pilkada aman, damai dan lancar memang mesti ditanamkan ke seluruh masyarakat Siak,” kata  Indra Gunawan menambahkan.

Siak merupakan Negeri Melayu yang memiliki sejarah panjang dengan khazanah budaya yang masih terus melekat dan membanggakan.

Pilkada ini, tak ada yang perlu dikhawatirkan. Gunakan hak pilih sesuai hati nurani tanpa ada tekanan maupun paksaan dari pihak manapun.

Semua kandidat yang sudah mendaftar ke KPU memiliki keinginan memajukan Siak dan menyejahterakan masyarakat. Tinggal bagaimana masyarakat menentukan pilihan mana yang terbaik menjadi pimpinan ke depan dengan semua program serta visi misinya.

Sementara kepada para kandidat atau paslon, Indra Gunawan mengingatkan untuk berkompetisi dengan sehat, tidak menjatuhkan satu sama lain. “Dengan paslon kompak, masyarakat akan bersemangat dan tidak terkotak-kotak, tidak terpecah belah,” ucap Indra Gunawan

Jika semua paslon bisa kompak, maka Pilkada ini bisa berjalan dengan aman, damai dan akan melahirkan pemimpin yang sesuai dengan keinginan masyarakat, yaitu amanah. “Kami senang dan bangga jika semua paslon  bisa saling rangkul dan berkompetisi yang sehat untuk menjadi pemimpin yang betul-betul sesui dengan harapan masyarakat,” sebut Indra Gunawan lagi.

Dengan kompaknya paslon akan menjadi contoh teladan pada masyarakat dan pengusung. Di situlah lahir semangat dalam memberikan dukungan terbaik.

Disebutkan Indra Gunawan, semua diharapkan berperan, termasuk pemangku kepentingan. Tidak ada yang boleh mengipas-ngipas, memanas-manasi, sehingga situasi menjadi keruh dan gaduh.  “Paslon diharapkan dapat mengingatkan timnya untuk tidak merusak Pilkada dengan statemen-statemen yang berbau hoaks dan SARA,” ungkap Indra Gunawan.

Sekali lagi dikatakan Indra Gunawan, jaga jempol saat mengetik sesuatu tentang politik di media sosial. Dan jaga ucapan saat berbicara politik di ruang publik. 

Tak ada larangan berbicara politik di media sosial maupun di ruang publik, tapi semua ada etikanya, ada yang pantas dan tidak pantas diucapkan dan ada batasannya.

Makanya ketika Kapolres Siak AKBP Asep Sujawardi SIK MSI, Dandim 0322/Siak Letkol Arh Riyanto Budi Nugroho MHan, Ketua MKA LAMR Siak Datuk Seri Wan Said menggelar podcast di halaman depan Gedung LAMR Siak.

Ketua DPRD Siak Indra Gunawan memberikan dukungan sepenuhnya. Dalam podcast itu, mengajak masyarakat menyukseskan Pilkada aman, damai dan lancar. Baik Polri maupun TNI, benar-benar siaga dalam merealisasikannya.

Semua paslon ingin memenangkan hati masyarakat. Menangkan lah hati masyarakat dengan cara cara yang baik, dan terhormat, tanpa hoaks apalagi membunuh karakter. (Infotorial)