oleh

Pelaku Pengibar Bendera Merah Putih yang Dicoret-Coret Telah Ditangkap

SALISMA.COM (SC),JAKARTA – Kepolisian Metro Jakarta Selatan berhasil menangkap seorang laki-laki berinisial NF yang membawa bendera merah putih bertulisan bahasa Arab dengan gambar silang pedang berwarna hitam saat unjuk rasa FPI di depan Mabes Polri.

“Tadi malam kita sudah mengamankan satu orang laki-laki berinisial NF di Pasar Minggu,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya.

Penangkapan tersebut dilakukan pada malam hari. NF diketahui warga Klender Jakarta Timur. Namun Argo belum bisa memastikan apakah pelaku merupakan anggota FPI. Pelaku berada di kerumunan massa saat aksi demo berlangsung di depan Mabes Polri.

“Pada saat unjuk rasa FPI dia ikut disitu ya,” sambungnya.

Dalam penangkapan itu, polisi juga mengamankan barang bukti berupa bendera merah putih dengan coretan Arab dan gambar silang pedang sambil mengkibarkan bendera di tengah massa dengan menggunakan sepeda motor.

Atas perbuatannya, NF dikenakan Undang-undang tentang mecoretan lambang negara tahun 2009 dengan ancaman dengan maksimal hukuman lima tahun.

Sebelumnya, massa FPI melakukan aksi demonstran di Mabes Polri Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan pada Senin kemarin. Aksi hari itu untuk melaporkan Kapolda Jawa Barat Anton Charliyan dan Kapolda Metro Jaya M. Iriawan ke Mabes Polri karena diduga melanggar hukum.

Kapolda Jabar Anton dilaporkan terkait kasus bentrokan antara FPI dan Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia di Jawa Barat. Sedangkan Iriawan diadukan terkait kericuhan dalam aksi 4 November 2016 di depan Istana Negara, Jakarta Pusat. Kedatangan mereka menuntut pencopotan kedua Kapolda Metro dan Jawa Barat.

Setelah beredarnya gambar dan rekaman video di media sosial, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dibikin gerah dengan adanya dugaan penghinaan terhadap bendera Indonesia. Hal itu membuat Tito meminta anak buahnya segera mengusut kasus tersebut. (**)